Help and Other information


Anda bisa mendownload dokumentasi lengkapnya disini


  1. Untuk mempublikasi event, pengguna masuk ke halaman dashboard event unair dengan cara login terlebih dahulu. Atau untuk pengguna yang belum memiliki akun, dapat registrasi terlebih dahulu sebelum login ke website event unair.
  2. Halaman Login
  3. Selanjutnya pengguna diarahakan ke halaman dashboard dan klik Menu Acara-Tambah Acara
  4. Halaman Depan Tambah Acara
  5. Kemudian pengguna diarahkan ke halaman tambah acara. Dimana pengguna mengisi informasi event pada halaman tersebut. Setelah semua kolom sudah terisi, selanjutnya Klik Tombol Submit untuk mempublikasikan acara ke Event Unair.
  6. Setelah data telah di submit, maka event tersebut akan tampil di halaman depan platform Event Unair setelah melalui Proses Verifikasi Admin.
  7. Halaman Depan Event Unair
  8. Melalui platform EVENT UNAIR, visitor dapat menemukan event yang diinginkan secara mudah. Bisa dengan mengetikan kata kunci pada form pencarian dihalaman depan platform EVENT UNAIR atau bisa juga lewat pilihan kategori event.
  9. Form Pencarian
  10. Pengguna atau visitor dapat menshare ulang informasi event tersebut ke media social dengan cara menekan button share yang ada di event tersebut
  11. Share Post

Fitur e-ticketing digunakan untuk menjual tiket yang disediakan oleh pemilik event. Seperti halnya marketplace seperti tokopedia, pengguna dapat menjual tiket event secara mandiri di website Event Unair dan mendapat hasil penjualan tiket sesuai dengan tiket yang terjual di event unair. Seluruh hasil penjualan akan disimpan kedalam system balance yang sewaktu-waktu dapat penarikan dan saldo terakhir secara otomatis akan terupdate. Semua history transaksi baik pemasukan dan penarikan hasil penjualan tiket akan masuk kedalam halaman transaksi.


How to Publish Ticket

  1. Bagi pengguna yang ingin menjual tiket dari event yang diadakan, pengguna terlebih dahulu publish event. Setelah itu pengguna masuk ke halaman tambah tiket untuk menambahkan tiket.
  2. Tambah Tiket
  3. Isikan semua form yang tersedia pada halaman tambah tiket, setelah itu Submit.
  4. Pengguna dapat melihat list tiket yang sudah dibuat pada menu Data Tiket
  5. Data Tiket


How to Buy Ticket

  1. Untuk membeli tiket, pengguna terlebih dahulu mengklik tombol buy ticket pada halaman detail acara (bagian depan website).
  2. Beli Tiket
  3. Setelah itu pengguna diarahkan ke halaman transaksi (bagian depan). Setelah itu pengguna dapat mengisikan jumlah tiket yang dibeli dan klik tombol confirm
  4. Halaman Transaksi Acara
  5. Selanjutnya pengguna diarahkan ke halaman transfer info untuk dapat melakukan pembayaran ke bank yang tersedia sesuai jumlah yang tertera pada halaman tersebut.
  6. Halaman Transaksi Info Acara
  7. Proses selanjutnya pengguna diwajibkan untuk melakukan konfirmasi pembayaran melalui link yang tersedia pada halaman transfer info tersebut atau bisa juga melalui halaman cek pembelian tiket pada bagian dashboard pengguna (bagian belakang).
  8. Cek Pembelian Tiket
  9. Klik tombol berwarna biru untuk konfirmasi pembayaran atau klik tombol merah untuk membatalkan pembelian. Setelah pengguna mengklik tombol biru, pengguna diarahkan ke halaman berisi form konfirmasi. Setelah pengguna isikan form sesuai dengan data pembayaran. Setelah itu klik tombol submit.
  10. Konfirmasi Pembelian Tiket
  11. Setelah itu pengguna menunggu proses verifikasi dari admin website event.unair.ac.id
  12. Menunggu Proses Verifikasi
  13. Setelah proses verifikasi telah dilakukan oleh admin dan sukses, pengguna dapat mendownload e-ticket yang digunakan untuk masuk kedalam acara tersebut
  14. Download Tiket Bentuk Tiket

Fitur visitor counter digunakan untuk menghitung jumlah pengguna yang hadir di acara tersebut dan digunakan untuk memverifikasi tiket pengguna. Tentu fitur hanya berjalan pada event-event yang menyediakan tiket didalamnya.


How to Check In

Dalam proses checkin melibatkan 2 pihak, yaitu itu empunya event dan pemilik tiket

  1. Terlebih dahulu empunya event membuka halaman data check-in. Setelah itu pilih nama event yang digunakan untuk mengecheck tiket pengguna yang hadir dan klik tombol check-in
  2. List Check-in
  3. Sang empunya event akan diarahkan pada halaman Check In Acara dimana pada halaman tersebut berisi form untuk diisikan nomor barcode tiket yang sudah terbeli. Klik tombol submit apabila telah mengisikan nomor barcode atau scan barcode menggunakan scanner barcode
  4. Halaman Check-in
  5. Setelah empunya men-submit nomor barcode dan tiket dinyatakan Valid, maka muncul pemberitahuan bahwa “Tiket valid”. Dan secara otomatis nilai visitor count berubah sesuai dengan jumlah tiket yang telah di check.
  6. Proses Check-in